Buat Kamu yang JOMBLO! Ini Hal yang Bisa Membuatmu Bahagia Meskipun Kamu Menyandang Status Jomblo!


Raditya dika - www.kapanlagi.com

Buktikan pada dunia bahwa jomblo bisa dan berhak bahagia!

Kabar Terbaru - Terkadang hidup ini memang aneh, apalagi lingkunganmu sangat sensitif dengan status kesendirian atau status single yang anak gaul bilang "jomblo". Kamu yang sedang menyandang status ini pasti sering bertanya-tanya, apakah jomblo itu aib atau hal yang memalukan? Sehingga muncul pertanyaan apakah harus mempunyai gandengan dulu sehingga hidup bisa dikatakan bahagia? Truk aja gandengan, masak kamu enggak? Upssss...

Yah... ini adalah problematika anak muda jaman sekarang. Apalagi kamu yang sedang menyandang status ini baru saja berpisah dengan sang pujaan hati. Hidupmu merasa tidak bergairah lagi dan kamu mencari-cari arti kebahagiaan sesungguhnya sampai-sampai kamu memutuskan untuk mengembara ke barat untuk mencari kitab suci kebahagiaan.
Eitttsss! Tunggu dulu, sejatinya bahagia ada sekitarmu dan dekat denganmu kok. Berikut ini ada hal-hal yang membuat bisa membuat kamu yang berstatus jomblo menjadi bahagia. Mungkin setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk bahagia, tapi siapa tau hal-hal ini cocok dengan kamu. Sikat mblo!

1. Berbagi

Salah satu hal kecil yang bisa membuat hidup ini indah yaitu berbagi. Entah dalam bentuk materi ataupun tidak, berbagi dengan orang yang tepat menerimanya dapat membuat si penerima mengurangi bebannya karena kamu sudah bersedia berbagi dengannya. Setelah berbagi kamu akan bisa melihat, betapa hal kecil yang sering kamu abaikan itu ternyata sangat berharga bagi yang membutuhkannya.



2. Membantu sesama.

Tidak dipungkiri sama halnya dengan berbagi, membantu orang lain juga dapat membuatmu bahagia. Kenapa tidak, membantu tidak selalu materi, membantu seorang nenek untuk menyeberang jalan pun adalah hal yang sangat mulia, untukmu yang masih muda dan kuat untuk berjalan tanpa beban adalah hal yang sangat mudah untuk menyeberang jalan.

Tetapi untuk seorang nenek yang kondisi staminanya sudah menurun, mungkin adalah hal yang cukup sulit. Nah, dengan begitu kamu dapat lebih mensyukuri hidupmu dan tahu nggak? Salah satu kunci hidup bahagia adalah bersyukur.

3. Berkarya.


Ada pepatah bilang, "Tatkala waktuku habis tanpa karya dan pengetahuan, lantas apa makna umurku ini?"Begitulah pepatah yang disampaikan oleh KH. Abdul Wahid Hasyim. Ya, begitulah hidup ini sesungguhnya. Manusia diciptakan dengan berbagai macam kelebihan dan bakatnya masing-masing. 
Dari penggalan pepatah tersebut dapat disimpulkan bahwa hidup tanpa karya berati hidup ini tidak akan ada maknanya. Mumpung masih muda, yuk berkarya agar hidup semakin bermakna. Kalau hidup bermakna ngga mungkin kalau kamu nggak bahagia. Apalagi karyamu dapat bermanfaat bagi orang lain, jatuhnya pahala mblo.

4. Belajar dan mencoba hal-hal baru.


Yuppp... Nggak ada salahnya kamu berpikir out of the box dan mencoba hal-hal yang baru. Hal baru nggak melulu hal-hal yang baru muncul saat ini. Hal-hal baru yang dimaksud adalah hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, seperti kamu seorang mahasiswa yang setiap pulang kuliah latihan basket, coba kamu ikut latihan bermain musik atau yang lainnya.
Karena mencoba hal-hal baru membuatmu akan semakin menjadi pribadi terbuka. Atau kamu yang sukanya ngurung di kamar untuk internetan, coba sekali-kali pergi keluar untuk memancing. Mencoba hal-hal baru nggak cuma bikin kamu semakin menjadi pribadi yang terbuka tetapi juga menjadikanmu pribadi yang peka terhadap keadaan sekitarmu.

5. Membuka pintu pertemanan seluas-luasnya.


Mblo, tahu nggak kalau jodoh itu sejatinya dekat? Katanya begitu tapi memang benar lho! Lihat saja orangtua, saudara kita yang sudah menikah, bahkan teman kita sendiri. Kebanyakan jodoh mereka pasti dipertemukan dalam sebuah ruang pertemanan. 
Hitung-hitung buat mengurangi kekhawatiran untuk tidak mendapatkan jodoh karena kurang rekomendasi. *Eehh... Intinya bukan itu sih mblo, meskipun itu penting nggak penting. Tapi ketika kita membuka pintu pertemanan seluas-luasnya, selain kita banyak teman yang katanya banyak rejeki, kita juga bisa memperluas pengetahuan karena semakin luas jaringan pertemanan kita bisa dipastikan pengetahuan kita juga semakin luas.

6. Berkumpul bersama orangtua.


Sejauh kita pergi, keluarga adalah tempat kembali. Katanya sih gitu mblo, tapi itu memang benar sih. Kamu yang sedang merantau untuk meniti karir atau pendidikan mungkin paling merasakan bagaimana rindunya berkumpul bersama keluarga, apalagi suasana hangat di rumah dan tak lupa masakan ibu. Atau mungkin kamu yang sedang di rumah tapi jarang kumpul dengan keluarga karena kesibukan masing-masing? Coba deh mblo luangin waktu.
Berkumpul keluarga nggak cuma bikin kita lebih deket satu sama lain, saling mengetahui kegiatan satu sama lain, tetapi juga bisa bikin kita merasa bahagia karena meskipun menyandang status jomblo. Kok bisa ? Bisalah mblo! Sadar nggak sadar, keluarga adalah orang paling nomor satu yang khawatirin kita, sayang sama kita, yang selalu pengen tahu kabar kita kalau jauh.
Ibu yang selalu nyuruh kita makan kalo deket, kalau jauh nanya udah makan apa belum? Jadi, berkumpul bersama keluarga bisa memberikan kamu kesadaran bahwa masih banyak orang-orang yang sayang sama kamu meskipun kita jomblo. Hehehe

7. Berteman dengan sesama jomblo.

Hemmm.. kalau ini sih masalah hati ya! Biasanya berteman dengan sesama jomblo itu bisa sama-sama ngertiin hati satu sama lain. Gimana enggak? Ngga cuma bisa jadi temen curhat, berteman dengan sesama jomblo ibarat kamu diperjalanan ketemu sama orang yang punya tujuan perjalanan sama dengan kamu. Malam minggu kamu juga nggak akan kelabu kalau punya temen jomblo. 'Kan kalian bisa keluar buat hangout bareng mblo!

8. Menjadi diri sendiri.

Mblo, manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, percayalah mblo setiap manusia didunia ini diciptakan dengan unik. Dengan status kamu yang jomblo, kamu tidak perlu menjadi orang lain agar dicintai banyak orang. Kamu juga tidak perlu mengubah dirimu agar bisa dicintai orang lain.
Cukup menjadi dirimu sendiri, karena untuk bisa menjadi berbeda dari orang lain hal yang perlu kamu lakukan adalah cukup menjadi dirimu sendiri. Dengan menjadi diri sendiri kamu akan lebih bisa mencintai dirimu yang sesungguhnya, percayalah, dengan mencintai dirimu yang apa adanya hidupmu akan lebih bahagia.

Sumber : https://life.idntimes.com/